GREEN CARD

Mei 02, 2018


Assalamualaikum semuanya, kembali lagi dengan kiki.. Maaf  banget yaa udah lama enggak update blognya..
Kali ini aku kembali dengan membahas sebuah novel lama yang berjudul Green Card.


Penulis : Dani Sirait
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I (pertama) Maret 2014
ISBN : 978-602-03-0311-6
.
.
Novel ini merupakan koleksi novelku yang cukup terbilang baru karena aku baru membelinya tahun kemarin bulan Desember, aku dapetin novel ini waktu Gramedia pameran dengan harga yang cukup di bilang murah dengan ketebalan buku yang bisa dibilang cukup tebal.
Oke, mari kita simak blurb nya terlebih dahulu yaa... Cekidoot hehehe

Blurb :
 
Hari itu adalah awal petualangan besar Rafli sepanjang hidupnya. Kapal pesiar tempat ia bekerja sebentar lagi berlabuh di Part of Miami, Florida,Amerika Serikat. Ia telah membulatkan tekat "mendarat" dan tak pernah kembali ke kapal mewah itu. Jump ship. 
Sekumpulan energi besar telah mengantarkan Rafli,anak kampung dari sebuah kecamatan di Sumatera Utara,melenggang menyusuri lekuk-lekuk New York City (NYC), kota sejuta impian. Tanpa paspor, izin tinggal, apalagi Green Card.

Kartu sakti yang terakhir itulah alasan Rafli tetap bertahan di NYC. Bahkan demi Green Card, Rafli mencoba cara konvesional yang kemudian justru menjadi bumerang tajam baginya : melakukan pernikahan pura-pura dengan Erina, sesama orang Indonesia yang telah terlebih dahulu memiliki Green Card.

Hingga peristiwa 11 September 2001. Razia terhadap pendatang ilegal semakin gencar dilakukan di seluruh negara bagian.Hari-hari Rafli dan jutaan pendatang ilegal dari berbagai negara tidak lagi semarak seperti kerlap-kerlip lampu Time Square. Kecemasan dan kegelisahan bergantian menghampiri benaknya.

.
.

Setelah baca blubr nya mari kita review novel ini hehe, pertama – tama novel ini latar tempatnya berada di New York, Amerika. Penulis banyak sekali menjelaskan tempat-tempat yang digunakan dalam novel ini secara detail dan rinci sekali. Ada 2 tempat yang cukup menarik buat aku, yaitu :
  1. Manhattan : pulau kecil yang berisi gedung-gedung pencakar langit berhias cahaya lampu yang bersinar dari dalam gedung.
  2. Forest Hills, di ujung Queens : kawasan elit yang dihuni orang-orang Amerika.

Lanjut ke toko utamanya, tokoh utama di novel ini adalah Rafli, seseorang yang memiliki ambisi untuk sukses, pekerja keras, dan pintar. Tapi sayang demi mendapatkan green card dia harus rela menikah secara paksa dengan Erina, Erina sendiri merupakan istri yang kejam karena dia hanya membuat Rafli sebagai sapi perahnya saja.
Mereka tidak tinggal berdua dalam satu rumah tetapi tinggal terpisah, dan setiap kali Rafli tidak bisa memberikan uang kepada Erina, Erina selalu saja mengancam proses pembuatan green card nya Rafli.
.
.
Di novel ini, penulis juga menjelaskan secara rinci latar belakang siapa itu Rafli sebelum dia berada di New York, Amerika serta penulis juga tidak melupakan untuk menuliskan buda Indonesia walaupun latar tempat novel ini berada di Luar Negri.

Overall semuanya cukup komplit, kita dibawa oleh penulis ke negri orang dan bagiku sebagai pembaca cukup berfikir keras untuk memahami problem apa yang sebenarnya mau di ungkapkan penulis. But, aku cukup menyukai novel ini dan untuk novel ini aku beri nilai....

4/5 ⭐

You Might Also Like

0 komentar