[#BOOKTOUR] Rasa - Nuril Basri

Juli 22, 2019


Aku kembali, kali ini yang akan dibahas adalah novel Rasa karya Nuril Basri. Novel ini terbit pada tahun 2019 dan diterbitkan oleh GagasMedia.

Berbeda dari biasanya, novel kali ini ada novel 17+ yang lebih baik dibaca oleh kalian-kalian yang sudah cukup umur dan nanti akan aku jelaskan lebih detailnya.


Judul buku : Rasa
Penulis : Nuril Basri
Penerbit : GagasMedia
Cetakan : I. 2019
Tebal : + 366 halaman
ISBN  978-979-780-942-3


- Blurb -

Seberapa sering kita mempertanyakan arti hidup ?
Meragukan diri sendiri, lalu menyerah pada keadaan ?
Kamu tidak sendiri, Maya pun begitu.

Ditengah riuhnya masalah yang datang dan pergi, ia merasa hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Namun, di sisi lain, dia belum benar-benar menemukan makna dari setiap masalah yang menderanya. Ia hanya percaya bahwa hidup terus berjalan.

Beratus-ratus kilometer dari rumah, Maya menemukan banyak kejutan dikapal pesiar ia bekerja. Tentang perasahabatan yang ia kira berlangsung selamanya, tentang cinta yang ia impikan akan selalu baik-baik saja. Ia melalui suka duka di berbagai kota dunia, di St. Petersburg, Copenhagen, juga London.

Ya, meski dengan hati terluka, ia tetap melangkah,
menapaki hidup yang harus ia jalani.

***
Novel Rasa ini bercerita tentang seorang gadis bernama Maya, ia ingin mencari jati diri dan keluar dari zona nyamannya. Saat membaca novel ini merasakan sedang keliling dunia dengan kapal pesiar karena pada novel ini menggunakan Pov I yang membuat makin masuk kedalam ceritanya, lalu tiap sudut kota yang ada dijelaskan dengan detail oleh kak Nuril Basari.

Diawal aku menyebutkan untuk yang ingin membaca novel rasa ini adalah kalian-kalian yang sudah benar-benar berusia diatas 17 tahun, karena di novel Rasa ini kak Nuril Basri menuliskan segalanya secara detail bahkan menurutku novel yang segalanya dijelaskan secara terperinci termasuk bagian-bagian dewasa yang ada di dalam novel ini. Selain itu, karakter Maya yang kak Nuril ciptakan disini begitu kuat dan dalam.

Aku memang sedikit terganggu dengan hal-hal itu, tapi selebihnya novel ini mengajarkan banyak hal. Novel karya kak Nuril Basri ini mengajarkan untuk kita tidak menyerah beradaptasi dengan lingkungan yang ada, mengajarkan untuk keluar dari zona nyaman yang kita punya. Novel ini juga mengajarkan bahwa pengalaman itu adalah guru yang benar-benar berharga bagi kita kedepannya, tidak melihat hanya dari segi luarnya saja tapi juga menelusuri bagian-bagian dalam yang tidak tampak oleh mata kita. Artinya, jangan menilai dari covernya saja tapi juga pelajari bagian lainnya.

***
Keseluruhan dari novel ini, aku suka karena membuat aku berpetualang dan belajar banyak hal baru walau hanya dengan membaca. Untuk kalian yang suka berpetualangan dengan cerita yang bisa membuat kita masuk kedalam ceritanya aku saranin kalian baca novel ini. Petualangan, pembelajaran, pemahaman berbagai hal, pengetahuan tentang kota negara lain, dalam novel ini dijelaskan secara detail dan ringan. Sekali lagi aku ingatkan novel ini 17+ adopsilah ke toko buku didekat kalian agar kalian juga bisa berpetualang dengan Maya.


You Might Also Like

4 komentar

  1. Seru kayaknya kak novel itu. novel itu semacam mencari jati diri?
    jadi nambah wishlist nih hehe

    BalasHapus