Tips Mendapatkan Novel Bagus

Oktober 08, 2018

.
Hallo.. hallo semuanya
.
Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mendapatkan novel bagus di bazar atau di sale-sale ?

Sale atau pameran yang saya maksud seperti acara Gramedia yang ada di Jakarta, BBW yang ada di Surabaya, dan beberapa pameran yang ada di berbagai kota. Nah, di Semarang sendiri pameran yang sering diadain tiap tahunnya ada di Gedung Wanita dan di Gramedia Pandanaran.

Biasanya nih, untuk di Gramedia sendiri biasanya diadain saat anak-anak sekolah selesai liburannya atau mendekati mereka masuk sekolah. Nah untuk mendapatkan novel bagus di pameran, ada beberapa tips yang bisa saya saranin nih buat kalian-kalian yang suka berburu diskonan.

Sebelum itu, saya mau memberitahukan sebelumnya nih kalau buku-buku dipameran itu bukan buku-buku baru tapi beberapa buku langka atau buku lama yang dijual jauh lebih dari harganya. Biasanya banyak yang kalap nih di obralan buku.

Mari kita bahas tips-tips memilih buku ketika kita bisa datang ke obralan bukunya :


  1. Carilah buku berdasarkan apa yang mau kalian baca, jangan karena kalian liat di bookstagram lagi terkenal atau lagi buming di bahas kalian beli padahal bukan selera kalian. Menurut saya sih, rugi kalau begini karena udah beli tapi tak sesuai selera sih.
  2. Jangan hanya melihat covernya saja, kalian perlu juga untuk melihat sinopsisnya. Alasannya, belum tentu cover bagus memiliki cerita bagus dan belum tentu cover kurang bagus memiliki cerita yang tidak bagus. Bukan menjelek-jelekan cover buku yang bagus lantas cerita di dalamnya tidak bagus, tidak menutup kemungkinan cover bagus cerita juga bagus. 

Selanjutnya tips saat kita nitip ke orang-orang yang buka jasa titip, pada saat obralan banyak yang memanfaatkannya dengan membuka jasa titip. Nah, tipsnya adalah :

  1. Bila kalian kebingungan untuk memilih novel-novel yang mau kalian beli tetapi budget tidak cukup untuk membeli semuanya, coba tanyakan pada orang yang buka jastip tersebut karena biasanya yang buka jastip adalah orang-orang yang suka banget sama buku. Tanyakan saja kepada mereka, contohnya :
    • Menurut kakak bagusan buku yang ini atau yang ini kak ?
  2. Jangan lupa nih, cek dulu sinopsis buku yang menurut kalian dari judul itu ceritanya bagus. Bila kalian tanya ke kakak-kakak yang buka jastip kasihan mereka harus memfotokan juga sinopsisnya, kan di google juga kalian bisa cek sinopsis buku yang kalian mau.
  3. Jangan tergoda bila banyak orang lain yang titip buku yang awalnya tidak kalian minati, ini malah jadi sia-sia karena kalian hanya tergiur karena kalian lihat banyak yang beli padahal tidak sesuai dengan minat baca kalian.
Sementara tips-tips ini yang bisa saya sarankan, dan tips-tips yang sudah saya lakukan saat ada obralan buku di kota saya serta titip sama beberapa orang yang buka jastip.

.
Jangan hanya membeli buku karena sebuah obralan dan kalian makin menimbun bacaan kalian. Kecuali kalian dapat bertanggung jawab dengan buku-buku yang kalian beli, memang kasihan bila melihat buku obralan yang tidak di beli tetapi jauh lebih kasihan bila buku itu juga hanya menjadi timbunan di lemari kalian.

Semangat yaa, akhir tahun semakin banyak obralan-obralan yang ada, dan semakin membuat kita memborong buku-bukunya tanpa kita sadari bahwa pengeluaran untuk buku lebih dari budget kalian.

-drw- 


You Might Also Like

0 komentar